SINUSITIS , satu kata yang kini bersamaku

20 Januari 2014 aku di diagnosa oleh dokter terkena sinusitis .
Sinusitis
satu  kata yang baru aku dengar , satu kata yg kini ada bersama diriku .

Sinusitis adalah penyakit yang terjadi di daerah sinus. Sinus sendiri adalah rongga udara yang terdapat di area wajah yang terhubung dengan hidung. Fungsi dari rongga sinus sendiri adalah untuk menjaga kelembapan hidung & menjaga pertukaran udara di daerah hidung.
“Sinusitis berarti peradangan sinus, rongga yang terisi udara di tengkorak yang terletak di belakang hidung dan mata, serta di pipi dan dahi,” kata Dr. Mirriam Stoppard dalam bukunya "Panduan Kesehatan Keluarga".
Menurutnya, sinusitis disebabkan oleh infeksi bakteri sekunder dalam sinus yang tersumbat. “Sinus dilapisi selaput penghasil lendir dan terhubung ke rongga hidung oleh sejumlah saluran sempit,” jelasnya.


          

         Aku sama sekali tak menyadari bahwa aku sudah lama menderita sinusitis. Tanpa ku sadari selama 18 tahun aku hidup, aku selalu berdampingan dengan penyebabnya .

Yaah salah satunya bulu” halus dari kucing juga asap rokok , kebetulan ayahku adalah peroko berat.

Sejak beberapa tahun lalu aku sering bersin minimal 3 kali sehari dan itu hanya terjadi di waktu pagi hari. Apabila aku berada di ruangan berAC bersinku bertambah parah , kadang-kadang aku iseng menghitung berapa kali aku bersin dalam sehari, dan kalian tau aku pernah bersin 20 kali dalam sehari. Dada terasa sesak apabila menghirup asap rokok , dan hidung ini terus terasa gatal dan berlendir.

Aku pikir ini hanya flu biasa tetapi ternyata …

Pertengahan Januari , saat libur kuliah gejala yg aku alami bertambah parah. Aku merasa ada lendir di tenggorokan ku , rasa lendir itu tidak enak seperti makanan busuk karna tanpa sengaja aku menelannya. Beberapa hari kemudian aku terus mencium bau amis di hidungku baunya seperti telur yg sudah busuk. Hidungku mengeluarkan lendir padahal aku tidak sedang pilek , lendir itu baunya amis sekali . aku ingin muntah apabila rasa bau itu datang. Akupun sempat demam dan sakit kepala. Wajah terasa bengkak , mata pun rasanya mau keluar. Ini gg enak banget guys , semua kegiatan ku terhambat olehnya.

Teman teman , apabila kalian merasakan seperti yg aku rasakan atas segera periksa ke dokter THT agar dapat penangan dengan segera. Dan bagi teman-teman yang bernasip sama seperti aku, sebaiknya ikuti saran” d bawah ini .
·   Segera obati alergi dan pilek.
·   Gunakan filter udara untuk membantu menghilangkan alergen dari udara seperti masker.
·  Hindari polusi udara seperti asap.
·  Hilangkan kebiasaan merokok
·  Mengurangi konsumsi alcohol
·  Kurangi perjalanan melalui jalur udara untuk penderita sinus kronis atau akut. Karena gelembung udara yang terjebak dalam tubuh memuai saat penurunan tekanan udara di pesawat akan memberikan tekanan pada jaringan sekitarnya dan bisa mengakibatkan terhalangnya tabung Eustachio (saluran yang menghubungkan telinga ke tenggorokan). Jika tetap harus bepergian gunakan obat tetes hidung dekongestan atau inhaler sebelum penerbangan.
·   Minum banyak air putih
·  Hindari olahraga berenang di kolam renang dengan berklorin
·  Hindari olahraga menyelam
·  Hindari suhu ekstrim terlalu panas atau dingin
·  Mandi uap panas
·  Mengurangi stress
·  Gunakan obat herbal alami seperti sirih
·  mengurangi konsumsi makanan bervitsin dan cokelat
·  Hindari  makan udang , terasi .
·  Menghirup uap, yang biasanya membantu membersihkan hidung, juga meredakan gejala.
·  Menurut penelitian terbaru alergen sinustis dapat diredakan dengan cara membilas air hidung dengan air garam laut atau berupa alat semprot hidung.
“Membilas rongga hidung dengan air garam laut dapat membersihkan kemacetan (hidung mampet), mengurangi lendir berlebih dan mengurangi gejala yang berhubungan dengan sinusitis dan retronasal. Selain menyebabkan hidung tersumbat, reaksi alergi kebanyakan menyebabkan komplikasi seperti sinus, bersin, pilek, hidung berair dan bahkan demam. Nah, garam laut dapat membersihkan dan melembabkan sinus yang diakibatkan alergi. Cara melakukannya adalah memasukkan air laut ke dalam satu lubang hidung dalam keadaan kepala dimiringkan. Biarkan beberapa saat dan gaya gravitasi akan menarik lendir yang ada di rongga hidung, keluarkan dan buang udara dengan lembut. Ulangi untuk hidung berikutnya.”

jangan lupa di share ya teman-teman :)
semoga ini bermanfaat :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar