Seni Tari Kalimantan Tengah

Suku Dayak khususnya di daerah pedalaman baik laki-laki maupun perempuan, tua-muda, hingga anak-anak sangat gemar menari. biasanya mereka menari pada saat-saat tertentu dalam upacara adat dengan diiringi alat musik tradisional yang mereka miliki.

Berikut beberapa tarian daerah dari Kalimantan Tengah :
  • ·        Tari Manasai
Tari daya
Tari Manasai

Tari manasai adalah tarian pergaulan yang sangat digemari dan dikenal oleh masyarakat. Tari ini merupakan ekpresi kegembiraan dalam setiap acara baik acara pernikahan,menyambut kedatangan tamu dan semua acara gembira lainnya.


  • ·         Tari Mandau.
Tari Mandau

 Tari Mandau adalah jenis tarian yang diperuntukkan kepada tamu yang hadir dalam suatu acara. Tari yang menggambarkan keperkasaan seorang pahlawan perang ini bisa dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan. Sambil menari penari memegang Mandau dan telawang ,

  • ·         Tari Giring-Giring
Tari Giring Giring

Tari giring-giring adalah tari yang berasal dari Barito Selatan. Penarinya boleh laki-laki maupun perempuan. Penari menggunakan seruas bamboo yang telah dikeringkan , berukuran satu sampai satu setengah meter. Bambo diisi kerikil atau benda-benda kecil dank eras lainnya. Bamboo kemudian digoncangkan hingga menghasilkan suara yang sesuai dengan music penggiring. Tarian ini diperuntukan untuk menyambut kedatangan pahlawan perang, peseta pernikahan ataupun untuk menyambut kedatangan tamu.
  • ·         Tari Badian Dadas.

Tari badian dadas dilakukan hanya oleh perempuan dengan jumlah penari tidak terbatas. Tarian ini berasal dari Barito Selatan, tarian ini menggambarkan bagaimana seorang dukun perempuan mengobati orang sakit dengan cara memanggil roh-roh jahat untuk tidak lagi menggaggu si sakit . kemudian memanggil roh si sakit untuk kembali. Dengan demikian secara berangsur-angsur si sakit kan sembuh.
  • ·         Tari Dandang Tingang

Tari Dandang Tingang adalah jenis tarian gembira yang dibawakan oleh perempuan. Dandang artinya bulu ekor burung Enggang yang panjang dan Tingang berarti burung Enggang. Disebut tari dandang tingang karena penari membawa tongkat yang ujungnya ditancapkan bulu ekor burung enggang. Tari ini berasal dari Kabupaten Kapuas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar