Festival Budaya Isen Mulang

Kapal Hias dari Kota Palangka Raya
      


     Fesitival Budaya Isen Mulang (FBIM) adalah festival tahunan yang di adakan pemerintah Kalimantan Tengah untuk memperingati hari jadinya. Festival ini diadakan selama 7 hari terhitung mulai tanggal 18 Mei 2014. FBIM diikuti oleh 1.314 peserta dari 14 kabupaten/kota se-Kalteng yang akan menampilkan berbagai atraksi seni, budaya, dan tradisional daerah. Menurut ketua umum panitia HUT Kalteng, Siun Jarias , Ada 18 cabang perlombaan dalam FBIM kali ini.  Antara lain putra/putri pariwisata, jukung hias, melamang, jukung tadisional, sepak sawut, besei kambe, karungut, manyipet, dan menetek kayu. 

          Lokasi lomba dilaksanakan di arena pameran Jalan Temanggung Tilung, bawah Jembatan Kahayan, Flamboyan Bawah, dan Eka Tingang Nganderang. Selain sebagai sarana pelestarian budaya Kalimantan Tengah, festival ini mempunyai daya pikat pariwisata tersendiri, hal ini terbukti dengan banyaknya turis asing yang datang. 

           Pameran merupakan salah satu acara di Festival Budaya Isen Mulang. Pameren yang dilaksanakan di jalan Temanggung Tilung ini terdiri stand-stand Kabupaten/Kota di Kalimantan Tengah , instansi pemerintahan dan Komunitas-Komunitas di Kalteng. Dalam pameran ini banyak hal-hal yang dapat kita temukan , selain aneka kerajinan tangan ada juga pasar rakyak dan hiburan komedi putar beserta panggung meriahnya.



festival budaya isen mulang
Kerajinan Rotan

Penari menarikan Tari Mandau di Atas Kapal Hias


Pawai Festival Budaya Isen Mulang




Tidak ada komentar:

Posting Komentar